Bahasa yang Ingin Aku Kuasai

Kita hidup di dunia yang dipenuhi oleh berbagai macam suku, ras, dan bahasa yang berbeda-beda. Bayangkan ada ratusan bahasa yang dipakai dalam kesehariannya, tergantung dimana ia tinggal, Jika ia tinggal di Amerika (us) kemungkinan besar bahasa yang dipakai adalah bahasa inggris dan jika tinggalnya di jawa kemungkinan besar bahasa jawa adalah bahasa kesehariannya.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, suatu tempat tidak lagi menentukan bahasa bagi para penduduknya, misal saja yogyakarta, walaupun bahasa utamanya jawa, namun karena banyaknya mahasiswa yang belajar di kota ini, maka bahasa indonesia bahkan bahasa inggris sudah menjadi bahasa sehari hari walaupun kadang bahasa- bahasa ini di campur menjadi satu seperti gado gado.

Saya sendiri punya keinginan untuk menguasai lebih dari satu bahasa. Alasannya, dengan menguasai lebih dari satu bahasa, maka wawasan kita akan lebih luas dan akan  memudahkan kita saat berkomunikasi dengan pihak lain. Apa saja bahasa yang ingin saya kuasai? Bahasa yang ingin saya kuasai adalah bahasa jawa (kromo/kromo inggil), bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa arab dan terakhir bahasa jepang. Sebagai catatan, bahasa ibu ( bahasa saya jawa banyumasan) tidak saya ikutkan karena otomatis bahasa inilah yang paling di kuasai. Sebagai ukuran, menguasai suatu bahasa menurut saya sendiri adalah kita bisa membaca, menulis, berbicara, mendengar dan menggunakan bahasa tersebut secara tepat sesuai dengan “spelling & grammar” bahasa tersebut. selain itu penggunaan huruf asli dalam bahasa tersebut merupakan nilai tambah, misal bahasa jawa yang ditulis dengan huruf jawa, atau bahasa jepang yang ditulis dengan hiragana, katakana, atau kanji.

Bahasa Jawa

Bahasa jawa adalah bahasa yang sangat menarik dipelajari, banyakhal yang ingin saya pelajari, dari cara menuliskan huruf jawa, membaca huruf jawa dan menggunakan bahasa jawa yang sopan (krama inggil) kepada orang tua.

Bahasa Indonesia

Saya tidak mau ngomong banyak, bahasa ini bahasa wajib bagi bangsa indonesia (ceritanya nasionalismenya tinggi). karena dengan bahasa ini, kita bisa hidup dimana saja di indonesia. bahasa yang luar biasa, sebuah bahasa yang mengikat dan menyatukan ratusan bahasa daerah di indonesia. Tidak terbayangkan deh, seandainya tidak ada bahasa indonesia? Apakah indonesia itu akan ada?

Bahasa inggris

Bahasa yang satu ini wajib kamu kuasai kalau kita mau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Kebayang ga kalau anak kuliahan ga bisa bahasa inggris, padahal referensi utama bahasa inggris. Hal yang paling memotivasi saya menguasai bahasa ini ada beberapa, namun yang paling menonjol karena bahasa ini dipakai hampir diseluruh penjuru dunia. Dalam bahasa ini pula ribuan buku dan ilmu pengetahuan ditulis.

Bahasa Arab

Sepertinya, sekarang mulai jarang deh orang mau belajar bahasa yang satu ini, padahal bahasa ini adalah bahasa alquran, bahasa nya kaum muslimin, makanya sebagai seorang muslim saya tertuntut untuk menguasai bahasa ini.

Bahasa jepang

Bahasa ini adalah bahasa terakhir yang ingin saya kuasai karena saya kecanduan anime jepang. nah , ga penting banget kan? makanya bahasa ini ada di urutan terakhir.

Bagaimana dengan bahasa yang lain? Bahasa yang lain cukuplah sekedar tahu kata atau istilah yang sering dipakai. kalo dirasa bahasa lain itu perlu, semisal kita disodori halaman website yang berbahasa spanyol, tinggal translate aja ke english, selesai dah. minimal tahu isi dari artikel kan?

4 pemikiran pada “Bahasa yang Ingin Aku Kuasai

  1. owwwwwwww ..
    jadi alasan belajar bahasa arab karna itu ?

    ya gimana ya ..
    kadang suka bingung juga kita ni belajar agama islam atau belajar budaya arab, masalahnya islam identik dengan arab, coba dulu islam turun-nya di jepang, jadi kita belajar-nya bahasa jepang dunk bukan arab

    hhe .. yah dulu waktu masih kecil aku aktip ngaji, ikut lomba juga, tapi setelah sma langsung putus sama sekali, wkwkwk, lanjut sampe sekarang dueh

  2. btw tentang bahasa, saya pas smp dulu dapet 4 pelajaran bahasa, bhs indonesia, inggris, sunda, jawa. enggak ada yg bener2 nyangkol kecuali bhs indo🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s