Deadline Skripsi

Book Clipart
Book

Tanggal 1 Agustus 2008 adalah tanggal yang sangat penting bagi mahasiswa yang sedang skripsi di STMIK AKAKOM Yogyakarta. Hari itu adalah batas akhir pengumpulan naskah skripsi bagi mahasiswa yang sedang mengambil tugas akhir. Apakah saya termasuk salah satu mahasiswa tersebut? Alhamdulillah bukan. Saya sudah mengalami hal yang sama semester kemarin.

Banyak hal yang menarik ketika tanggal akhir pengumpulan naskah mendekat, dari mengejar-ngejar dosen pembimbing, nunggu dosen seharian di kantornya sampai lembur setiap malam untuk menyelesaikan naskah dan program/aplikasi yang sedang dibuat. Pertanyaannya adalah mengapa begitu banyak mahasiswa yang “sibuk dan ramai” dikampus saat masa deadline mendekat? Berikut ini adalah penyebab utama yang paling umum dialami mahasiswa.

Malas

Malas merupakan penyakit utamanya, Ketika diawal semester, mahasiswa merasa bahwa waktu pengerjaan skripsi masih lama, padahal waktu itu sendiri sekarang tidak lagi berjalan tapi berlari. jadi kalo kita santai santai saja tanpa ada langkah maju sedangkan waktu sendiri terus berlari, tinggal tunggu aja saat kita terkaget kaget kalo ternyata bulan depan atau minggu depan adalah batas akhir pengumpulan naskah skripsi.

Solusinya: buat jadwal proyek pengerjaan proyek dari awal. selain solusi diatas, coba cari motivasi agar skripsinya cepet selesai, misal malu sama orang tua kalo ga selesai atau mungkin hal lain yang bisa membuat dorongan  pada diri kita.

Mengambil tema yang bukan bidangnya

Hal kedua yang umumnya terjadi mengapa skripsi ga selesai selesai disebabkan tema yang kita ambil tidak sesuai dengan kemampuan kita

solusi:kalo ini yang terjadi paling paling banyak banyak berkonsultasi pada teman deket yang lebih tahu topik kita atau cari skripsi yang mirip, sehingga kita  bisa melihat kesamaan dan perbedaannya.

Sibuk kerja

bagi yang sudah bekerja, biasanya mahasiswa lebih fokus kepekerjaan daripada skripsi, mungkin anggapannya skripsi toh bisa disambi dengan kerjaan, kenyataan yang berjalan tidaklah demikian. ketika kita bekerja, pastinya capek, pusing dan tugas kerjaan menumpuk, kira kira masih bisa mikir skripsi ga ya otak kita?

Di akhir posting ini, Ane cuman berdoa semoga yang sekarang lagi nyusun skripsi bisa selesai tepat pada waktunya dan bisa  wisuda september besok. Amin.

2 pemikiran pada “Deadline Skripsi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s