Nasehat dalam mencari Jodoh

Berikut ini adalah petikan kalimat yang saya dapat dari alquran, hadist  (sunnah), nasehat orang tua, keluarga, soudara, temen. Selain itu, Nasehat ini juga saya dapat dari buku yang saya baca atau mungkin tayangan yang saya tontong serta dari artikel diinternet. Segala nasehat dan ucapan ini –selain alquran dan sunnah–kemungkinan ada unsur kesalahannya, jadi mohon jangan dijadikan acuan.

Tulisan ini hanyalah ringkasan dari semua yang masuk kedalam telinga dan hati saya, dan petikan disini bukan merupakan pendapat pribadi, namun karena masukan ini sangat berarti, jadi saya rangkai menjadi satu artikel dalam blog ini.

Alasan lain saya menulis ini adalah karena banyaknya teman yang bicara tentang nikah nikah dan nikah, yang kadang saya sendiri ga suka –walapun sebagai manusia normal, saya juga berkeinginan untuk menikah, namun tidak dalam waktu dekat.

Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil[265], maka (kawinilah) seorang saja[266], atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya. (QS -Annisa:4)

dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa hukum Asal untuk wanita yang dinikahi adalah dua, tiga atau empat dan satu adalah pilihan selanjutnya. Jadi ga ada salahnya kan kalo laki laki suka kelebih satu wanita atau mempunyai istri lebih dari satu.

Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian[1035] diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS Annur:32)

Dari sini kita bisa tahu kalo “kemapanan” atau persiapan harta sebelum nikah itu bukan merupakan suatu alasan kalo kita belum siap nikah, karena Allah menjanjikan Allah akan memberikan karunianya bagi orang yang menikah.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir (QS: AR-Ruum:21)

Nah, Kalo ayat diatas dah paling sering kita dengar, dan Ayat diatas sering diletakan di surat undangan kan? Intinya Seorang wanita dinikahi agar kita(Laki – Laki)  merasa cenderung –ke wanita tersebut– dan merasa tentram kalo ada disampingnya bukan?

Hadis riwayat Abdullah bin Mas`ud ra.:
Dari Alqamah ia berkata: Aku sedang berjalan bersama Abdullah di Mina lalu ia bertemu dengan Usman yang segera bangkit dan mengajaknya bicara. Usman berkata kepada Abdullah: Wahai Abu Abdurrahman, inginkah kamu kami kawinkan dengan seorang perempuan yang masih belia? Mungkin ia dapat mengingatkan kembali masa lalumu yang indah. Abdullah menjawab: Kalau kamu telah mengatakan seperti itu, maka Rasulullah saw. pun bersabda: Wahai kaum pemuda! Barang siapa di antara kamu sekalian yang sudah mampu memberi nafkah, maka hendaklah ia menikah, karena sesungguhnya menikah itu lebih dapat menahan pandangan mata dan melindungi kemaluan (alat kelamin). Dan barang siapa yang belum mampu, maka hendaklah ia berpuasa, karena puasa itu dapat menjadi penawar bagi nafsu

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim [Bahasa Arab saja]: 2485
Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:
Dari Nabi saw. beliau bersabda: Wanita itu dinikahi karena empat perkara; karena harta bendanya, karena keturunannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah wanita yang beragama, maka kamu akan beruntung

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim [Bahasa Arab saja]: 2661

Kalo mau mencari Berlian ya carinya di kotak berlian, masak di tempat sampah

Bpk Joko prastyo

wah ini nasehat yang dalam banget, intinya kalo mau mencari istri yang soleh Tidak ada salahnya kalo mencarinya di masjid dimana kita berdakwa (*Halah*)   dimana kita sering bertemu dan sudah saling mengenal, Masa mau mencari wanita sholeh di Night club atau wanita yang suka nongkrong dipinggir jalan?

Kalo mau cari istri orang jawa aja,

ini pesan ibu khusus untuk saya sendiri, mungkin ibu ga mau suku lain maksud ibu biar ga ada benturan budaya, tapi terus diralat, “ga papa ko kalo suku lain” dan ini yang paling penting dari ibu)

kalo mau cari istri terserah orang mana, toh candra sendiri yang nanti jalanin tapi semunya harus dipersiapkan, jangan terburu buru, kamu itu laki laki, dan laki laki mempunyai tanggung jawab yang besar dan orang menikah itu bukan untuk sehari dua hari, atau setahun dua tahun, tapi seumur hidup.

Nasehat Yang lainnya mungkin saya sambung, tapi mungkin juga tidak, hanya saja saya ingin mencari wanita yang sholeh, cantik, baik, penyayang, pinter masak,tidak boros dan mau tinggal dijawa (eits, ko kayak iklan biro jodoh sih :-P)  dan yang lebih penting dia mencintai saya dan saya mencintai dia.

Saya tidak  berusaha mencari wanita yang sempurna, tapi saya mencari wanita yang paling cocok bagi saya.

10 pemikiran pada “Nasehat dalam mencari Jodoh

  1. sebenernya mas bukan mencari yang cocok, mencari cinta, kalo emang dah suka, semua keburukan dia pasti bisa kita terima, tapi emang cari istri atau suami bukan perkara mudah, karena buat seumur hidup

  2. iya…bener ya…,n yg paling susah tuh cari org yg bisa mengerti ttg diri kita n plg penting harus dapat restu dr ortu kita…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s