Seni Update status Facebook

Update status adalah suatu hal yang umum dilakukan oleh pengguna facebook. Namun agar update status tampak menarik dan banyak yang merespon, baik dari segi banyaknya yang menyukai update kita atau banyak komentar yang masuk perlu adanya seni. Secara umum, update facebook menjawab sebuah pertanyaan umum yang ditanyakan oleh sebagian besar teman kita seperti :” Lagi ngapain?” yang sekarang ini berkembang bukan hanya menjawab pertanyaan dasar seperti itu, namun juga mencakup apa yang kita lihat, kita dengar kita rasakan dan kita pikirkan.

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel saya yang berjudul Tips mengupdate facebook agar banyak yang mengomentari .Artikel ini saya tulis dengan harapan agar pengguna facebook makin dekat dengan teman temannya dalam bersosialisasi selain itu memberikan nilai lebih pada update status kita sendiri. Artikel ini terinspirasi dengan melihat gaya dan pola update dari temen temen saya yang cukup menarik setiap kali update sehingga banyak yang meresponnya.

Beberapa temen yang updatenya sangat menarik adalah Bpk Bambang purnomo sidi, Touranku Hyuga,Pepy Amalia dan amanda ratih pratiwi. Orang orang ini pinter sekali dalam menyusun kata kata yang membuat orang terpancing untuk berkomentar. Berikut ini adalah seni/gaya/style agar update status anda membuat orang lain “gatal” untuk mengomentarinya.

Update lah  status dalam bentuk pertanyaan
sebagai contoh, anda mau makan di restoran yang mewah, lalu anda update seperti ini
“mo makan direstoran “
update diatas terasa hambar..dan tidak ada unsur komunikasi dua arah, coba anda ubah menjadi seperti ini
“Weeeh…mo makan di restoran mewah nih…menu special dengan orang cpesial….. ada yang mo ikut ga?”
nah update diatas terasa lebih menarik, karena update dalam bentuk pertanyaan, orang akan tertarik menjawab “update” anda.

Berilah informasi, bukan data mentah
Saat ini informasi dan data sudah begitu banyak sampai sampai tiap hari kita dibanjiri dengan informasi dan berita yang tidak perlu, jika anda ingin mengupdate status yang anda ambil dari berita terbaru atau fakta yang anda dapat , anda sebisa mungkin mengolahnya menjadi informasi yang bermanfaat bagi temen anda. Misal Anda memberikan data bahwa saat ini jumlah pengguna facebook mencapai 6 jutaan orang . Jika anda update gini

“jumlah pengguna facebook di indonesia  ada 6 jutaan  “

anda hanya memberikan data, tidak memberikan informasi, coba anda gali data lain gabungkan dan olah lalu  ubah update menjadi seperti ini

“eh tau ga, jumlah pengguna facebook di indonesia udah mencapai 6 juta orang lebih lho…ngalahin pengguna facebook dari cina dan india….,dan pertumbuhannya selama 1 tahun terkahir fantastis banget.. naik sampai 3000% bro..tempat iklan yang bagus nih….”

Tulislah Update status dengan bahasa yang ringan dan santai

Facebook adalah tempat bersosial, usahakan update anda dipahami oleh sebagian besar temen temen anda, usahakan jangan memakai bahasa teknis yang rumit dan tetap komunikatif.

contoh update status seperti ini

” virus /worm  konficker virus ini nempel di svchost.exe (service windows)sehingga sulit terdeteksi, harus install ulang windows .”

coba anda ganti menjadi seperti ini

“duh, gara gara kena konficker , harus insttall ulang wedhus OS nih.., ada yang punya solusi yang mudah ga tanpa harus install ulang ga sih…?”


Buatlah update status yang membuat temen anda penasaran…

misal anda sedang menunggu temen candra  yang terlambat datang, lalu kamu update seperti ini

“lagi di mall, Eko di tunggu ko   lom datang.

coba anda ganti seperti ini

“duh, nih orang di tunggu lom dateng2…udah telepon ga diangkat, sms ga dibales lagi.. kemana sih…nih anak?

Update yang kedua lebih membuat orang penasaran ketimbang yang pertama, orang akan penasaran dan akan muncul pertanyaan, siapa yang ditunggu, lagi dimana ya, ada acara apa ya? dst…

Gunakan Emoticon dan keterangan tambahan

jika anda ingin mengupdate facebook dengan isi update sekedar bercanda, anda bisa memberikan emoticon (misal😀,🙂 ,😛 dll ) yang sesuai dan keterangan tambahan (biasa nya dengan pola foo mode:on).

“duh…gini nih..kalo udah jadi selebriti difacebook.. baru posting bentar..udah dihujani berbagai komentar…..belum nanti yang minta tanda tangan, ngajak foto bareng dll … belum termasuk cewe2 yang teriak histeris kya..    :-P .(selebriti _ mode :on)

Updatelah pada saat negri facebook ramai dikunjungi temen anda

Tujuan dari update facebook adalah agar temen2 kita tahu kondisi kita sekarang dan sedang apa, jadi jika anda ingin agar update anda di tanggapi, tidak perlu sering update, tapi cukup updatelah pada saat facebook ramai dikunjungi oleh temen2 anda. jika anda update jam 1 malem, siapa yang mau mengomentari status anda, hantu kali ya?’

Sampai sini dulu, moga bermanfaat bro..sis..

3 pemikiran pada “Seni Update status Facebook

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s