Teknik Berpidato

Pidato, khutbah, orasi atau apapun namanya mempunyai satu hal yang sama. Menyampaikan informasi/ide/pendapat ke banyak pendengar sekaligus secara bertatap muka. Jadi dari sini jelas bahwa penyiar radio itu sedang siaran, bukan sedang berpidatošŸ˜€.

Banyak orang tidak siap dengan pidatonya, atau kadang pidatonya yang disampaikan tidak sesuai dengan tema yang diberikan, di sisi lain ada orang yang karena hobi banget ngomong pidatonya sangat panjang dan menjenuhkan. Nah, disini saya akan jelaskan bagaimana teknik berpidato yang baik atau lebih umumnya berbicara didepan umum sehingga maksud dari pidato tersampaikan

Hal hal itu adalah:
1. Berpenampilan seusai acara
Perhatikan penampilan karena kita akan bertemu banyak orang, jika penampilan kita kurang rapi, dan wajah kita kusut, tentunya akan mengurangi wibawa dan respect dari pendengar. Jika acara resmi bisa menggunakan batik dan jika acara keluarga atau non resmi mungkin cukup dengan kemeja, namun untuk perkara perkara resmi Ā jangan sampai anda menggunakan KAOS OBLONG.

2 Ā Persiapkan kerangka pidato.
Baik anda pidato dengan membaca atau pidato langsung sebisa mungkin kerangka pidato harus anda siapkan(minimal dalam pikiran) , misalkan tema pidato berisi tentang Organisasi, maka buatkan draftnya misal seperti
contoh draft pidato untuk materi tentang’ organsisasi’
– 1.pembuka
2. Apa itu organisasi
3. Alasan apa yang mendorong berorganisasi
4. Manfaat apa yang bisa diambil dari organisasi
5. penutup
3 Tutup dan buka masing masing sub pokok bahasan dengan jelas
sebagai contoh, kita sudah membahas tentang apa itu organasisasi untuk menutup dan membuka sub bab ke dua tentang alasan organisasi kita bisa mengucapkan seperti ini :
” Demikian tentang pengertian organisasi, sekarang kita membahas hal selanjutnya tentang apa sih hal yang menjadi alasan orang berorganisasi?”
4. Bagi dengan baik waktu yang disediakan
Membuat kerangka adalah salahsatu cara mengatur waktu. ketika kita berpidato, kita harus melihat waktu yang disediakan dan tentunya dengan tetap memastikan inti pidato tersampaikan. hal ini bisa diatur dengan cara mengurangi uraian yang tidak perlu
5. Gunakan bahasa sesuai latar belakang /tingkat pendidikan audience
Pidato sekali lagi menyampaikan ide/informasi ke pendengar, tentunya tujuannya agar isi pidato bisa diserap oleh pendengar. Ā Sebagai contoh jika pendegar adalah para petani atau peserta berpendidikan rendah, jangan gunakan bahasa bahasa teknis atau bahasa asing yang sulit dipahami. Jika istilah yang kita pakai tidak ada bahasa indonesia, maka buatlah ungkapan atau permisalan.
6. Buat komunikasi dua arah
Dalam berpidato, jangan terus menerus berbicara atau membaca teks (jika pidatonya memakai teks) , minimal buatlah kontak mata dengan cara sekali kali berhenti dan memandang ke pendengar atau peserta. Ā jika pidatonya tidak terlalu formal, kita bisa menanyakan pertanyaan retorika kepada peserta.
misal “Siapa yang tidak ingin berhasil?” Ā dsb
7. Perhatikan kondisi Audience
misalkan kita berpidato dan diberi waktu yang lama (misal diatas 1 jam) perhatikan kondisi audience, apakah audience masih mendegarkan pidato kita atau malah teranggguk2 karena mengantuk, jika kondisinya demikian, sudah saatnya kita memperpendek waktu pidato atau membuat humor humor segar saat berpidato .
8. Buat kesimpulan
Setelah selesai berpidato, jangan lupa meringkas isi pidato,mengambil kesimpulan dan bisa ditambahkan menyampaikan harapan semoga isi pidato bisa bermanfaat

9. Tutup pidato dengan elegan
Setelah isi pidato tersampaikan, tutup dengan cara mengucapkan terimakasih kepada peserta atas kedatangannya misal dengan kata kata seperti ini
” demikian isi pidato saya, terimakasih atas perhatian rekan rekan semua, jika ada isi pidato yang kurang berkenan atau kurang mengena, saya mohon maaf..dst…”
dan satu lagi yang lebih penting
SEMANGAT
dalam menyampaikan pidato, wajib bagi anda semangat dalam menyampaikannya, jika anda loyo dan tidak semangat tentunya sipendengar akan lebih tidak semangat lagi dan akhirnya jenuh dan bosan dengan pidato anda.
Demikian, jika isi artikel ini bermanfaat, mohon beri komentar
kurang lebihnya demikian wasalam

2 pemikiran pada “Teknik Berpidato

  1. Salut atas artikel anda. Ini bisa saya jadikan sebagai referensi utk meningkatkan kwalitas berbicara saya dan para siswa. Tksh

  2. bERI CONTOHNYA DONG…….BAGAIMANA BERP[IDATO YANG BAIK……..(BUKAN TEORI SAJA) hEBAT…………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s