Cara Mengurangi Stress

Stress, siapa yang tidak pernah mengalaminya? dari siswa sekolah yang gagal lulus, mahasiswa yang tidak kelar kelar skripsinya, para sarjana baru mencari kerja, para pekerja yang pekerjaannya overloaad dan semua tipe pekerjaan yang di kejar deadline atau target. Stress melanda siapa saja, bahkan para boss yang punya banyak duit sampai koruptor yang dikejar kejar KPK juga saya yakin stress.  Tidak ketinggalan para artis yang terkena gosip miring juga stress dan si penulis juga sedang stress, makanya muncullah tulisan ini, karena menulis sendiri adalah cara mengurangi stress.

Ada berbagai cara mengurangi stress, berikut ini adalah cara mengurangi stress resep dari candra sendiri yang umumnya manjur, minimal stress terkurangi.

1. Mendekatkan diri pada Allah

Ya, ini adalah langkah pertama ketika stress, kepada siapa lagi kita meminta pertolongan dan kepada siapa lagi kita menyampaikan keluh kesah kita selain kepada Dzat yang meberi kehidupan. Berwudhu, zikir, baca quran atau sholat adalah cara menghilangkan stress yang paling ampuh  tentunya kita juga berdoa agar masalah yang kita hadapi bisa cepat terselesaikan dan jangan cepat putus asa. “Karena sesudah kesulitan pasti ada kemudahan“.

2. Curhat/Ngobrol dengan orang terdekat

Curhat alias ngobrol merupakan cara yang cukup efektif untuk menghilangkan stress, apalagi jika urusannya bersifat pribadi, ya tentunya teman curhat dan ngobrol juga pilih pilih lah, jangan curhat masalah pribadi ma orang yang “EMBER”. Walaupun curhat tidak selalu menyelesaikan masalah, tapi minimal dada kita akan terasa longgar ya walaupun kadang yang dicurhatin cuman bilang :”sabar!”, atau “ehm…ehmm” atau malah dia lagi dengerin lagu pake Ipod *kalo yang terakhir artinya dia males dengeran curhat loe*.

3. Tanyakan pada Ahlinya

Jika curhat umumnya hanya melonggarkan beban di kepala, tapi umumnya curhat tidak menyelesaikan masalah, agar masalah selesai, coba tanya pada Ahlinya, jika masalah agama, tanyakan permasalahan yang dihadapi kepada ustad, jika masalah skripsi yang tidak tuntas2, jangan takut minta masukan dosen pembimbing atau temen yang dirasa mampu. Untuk bidang yang lain, silahkan disesuaikan pada ahlinya masing  masing.

4. Istirahat, olahraga dan makan yang seimbang

Jika 3 solusi diatas  mempertimbangkan masalah psikis, maka solusi keempat ini solusi bagi fisik kita. Cek lagi berapa jam anda tidur dalam sehari,  berapa kali dalam seminggu kita olah raga dan kira kira makan kita teratur ga?*ceritanya lagi jadi dokter gizi*. Jika penyebabnya masalah diatas, coba buatlah jadwal makan, istirahat dan olahraga agar hidup lebih teratur.

5. Mencari hiburan/Berlibur

Berlibur, ini solusi yang tepat bagi anda yang selalu sibuk bekerja, apalagi yang sering lembur sampai tanggal merah aja masuk kerja, sekali kali lah ke tempat dugem    jalan jalan ke taman, pantai atau ke tempat yang sedikit hiruk pikuknya. Jangan lupa, ajak teman untuk berlibur, biar ga diciduk satpol PP atau petugas wisata karena dikira gila😛.

6. Menulis

Menulis, ini adalah solusi yang cukup ampuh bagi saya, menuliskan tentang permasalahan kita kedalam buku harian atau blog bisa menjadi obat stress yang manjur, jika permasalahnnay komplek , pake saja program freemind.sourceforge.net/ untuk memetakan masalah anda, sehingga isi otak lebih terstruktur, dengan cara ini kadang inti permasalahan dan penyebab masalah akan terlihat.

semoga stress cepat teratasi setelah membaca tulisan ini.

Satu pemikiran pada “Cara Mengurangi Stress

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s