Inception Movie Review

if you want to read it in english, klik here

Di Post sebelumnya, saya sudah membahas tentang panduan menonton film ini, jika anda hanya ingin melihat info tentang film ini, silahkan baca artikel tersebut . Artikel ini menjelaskan plot dan spoiler film, jika anda tidak ingin terganggu dalam menikmati film ini, jangan membaca review ini.

Plot

Film ini mengisahkan tentang seorang yang mampu mengambil idea lewat mimpi yang bernama cobb. Cobb adalah buronan yang dituduh membunuh istrinya sendiri sehingga dia tidak bisa kembali ke amerika (dimana anak nya tinggal). Untuk kembali ke Amerika dan melepaskan semua tuduhan pembunuhan istrinya, Cobb harus menyelesaikan pekerjaan terakhirnya, Alih alih mencuri ide/rahasia. dia disuruh menanamkan ide kedalam target. Ini adalah inti ceritanya, menanamkan ide sendiri disebut dengan INCEPTION.

Effect

Effect film ini tidak sangat menakjubkan, mata anda akan dimanjakan dengan dunia mimpi yang membuat anda berdecak kagum. (jika anda bermimpi, apapun bisa terjadi bukan?). Contoh efeknya dalah perkelahian di Hotel dimana hotel ini kehilangan gravitasi.

Effek yang lain seperti ketika Ariadne sang arsitek mengubah kota dalam mimpi Cobb dengan menekuk kota dan jalan yang ada didalamnya (lihat trailler atau posternya)

Jalannya cerita (Heavy spoiller)

Cobb dan timnya diberi tugas oleh saito, seorang pengusaha besar jepang yang ingin meruntuhkan perusahaan lawannya dengan cara menanamkan ide kepada anak dari pengusaha tersebut. Idenya cukup simple  “hancurkan perusahaan ayahnya sendiri”.

Untuk menanamkan ide ini, Cobb merekrut Ariedne (Ellen page) sebagai arsitek mimpi, Arthur untuk melakukan penilitan target dan beberapa orang lainnya mempunyai tugas yang berbeda (lihat filmnya sendiri).

Rencanaya mimpi akan berjalan lancar dan untuk berjaga jaga, mereka merancang mimpi dengan 3 tingkat. Dalam dunia mimpi waktu akan terasa makin lambat, waktu 5 menit  didunia nyata sama dengan 1 jam di dunia mimpi di level pertama dan 1 minggu di level selanjutnya.

untuk menset agar target bisa dimasuki mimpinya, mereka pura-pura menjadi penumpang pesawat yang juga ditumpangi target, dari sinilah cerita mulai seru.

Ternyata mimpi yang semula dikira berjalan lancar, terjadi banyak hal yang tidak terduga, dari munculnya kereta di jalan raya, dan para penjaga  dari target yang menyerang tim, yang akhirnya memaksa mereka untuk masuk ke dunia mimpi level dua (mimpi di dalam mimpi) dan mimpi kedua ini  pun rencana belum berhasil akhirnya mereka masuk kedunia mimpi level ketiga.

ketika Target hampir saja berhasil ditanamkan ke dalam object, ternyata object terbunuh di level ketiga. Dalam film ini, jika seorang yang sedang bermimpi sangat lelap dan dia terbunuh di mimpi, dia tidak aka bangun kedunia nyata, namun masuk kealam bawah sadar yang lebih dalam yaitu limbo.

Cerita terus berjalan (makanya nonton sendiri) yang akhirnya ide berhasil ditanamkan, namun Cobb sendiri terlembar ke limbo dan berlum bisa kembali karena saito juga mati didunia mimpi (saito adalah orang yang menyuruh menanamkan ide  kedalam target) yang memaksa Cobb untuk mencari Saito di limbo.

Ending

Ending cerita, saito berhasil diselamatkan dari limbo. Cobb kembali berada di pesawat bersama tim, dia berhasil masuk ke amerika dan pergi menuju rumahnya. Sampai dirumah, dia memutar totemnya untuk memastikan bahwa ini adalah real (jika totem tidak berhenti berputar artinya dia msih bermimpi), pada saat yang sama, pandagan Cobb dialihkan ke anak anaknya yang ingin sekali dia temui,  sebelum tahu apakah totem berhenti berputar atau tidak . Layar Blank dan muncul credit film.

Pertanyaannya? Apakah Cobb masih bermimpi? atau Apakah dia benar benar sudah bertemu anaknya? Silahkan di jawab sendiri. Akhir yang membuat penasaran kan?

3 pemikiran pada “Inception Movie Review

  1. Ping-balik: Mie SEHATI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s