Gelar atau Keahlian?

Kemarin, kampusku mengadakan wisuda yang entah keberapa kali, dan sekian ratus calon “Pengangguran” tersenyum bangga karena berhasil memakai toga. Taukah anda? masa apa yang paling indah dan paling nyaman? masa masa mahasiswa pastinya. Ketika seseorang melepaskan status mahasiswa, maka siap siaplah masuk ke “hutan Rimba” (baca:dunia kerja). dua  ucapan selamat yang saya ingat ketika lulus adalah :” Welcome to the Junggle can!” dan ” Welcome to the real world”.

Tapi bagi anda yang baru lulus, jangan langsung pesimis membaca paragraf pertama diatas, dan ada sebuah cerita menarik dari buku “Chicken soup for Collage soul” . Cerita ini cocok bagi yang baru menapaki masa mahasiswa atau baru mengikuti wisuda kelulusan.

“Ketika seorang anak ingin kuliah,Bapaknya  bercerita tentang tukang pipa dan kapal mesin uap”.

Nak saya akan cerita tentang seorang tukang pipa &  kapal mesin uap,Suatu hari sebuah mesin uap tidak berjalan sebagai mana mestinya, ada pipa yang macet/tersumbat  di mesin itu, walaupun sudah di datangkan insinyur mesin, namun tetap saja permasalahan itu tidak terpecahkan. Akhirnya, si empunya kapal memamngil seorang tukang pipa  yang tidak pernah sekolah namun pekerjaannya adalah menangani mesin uap.

Si tukan pipa  meminta penjelasan tentang permasalahan yang terjadi, tidak beberapa lama si tukang pipa ini menelusuri pipa dan memukulkan palu di salah satu sambungan pipa dan Bingo…mesin berjalan, permasalahan selesai.

SI empunya kapal menanyakan ke si tukang pipa, berapa biayanya? maka siorang tua menjawab :” 1000 USD” . SI empunya kaget dan meminta si tukang pipa merinci tentang biaya perbaikannya, maka si orang tua menulis

” Biaya mengetuk pipa yang macet : 1 USD

Biaya untuk MENGETAHUI  tempat mengetuk :999 USD

 

Apa pesan  yang anda dapat? Apa yang anda bawa ketika keluar dari Universitas ? (hanya) GELAR atau KEAHLIAN?

hanya anda yang paling tau.

Selamat menempuh hidup baru dan selamat menikmati “JOB HUNTING”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s