Indahnya Yogyakarta

Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat,
penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi
Saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama
Suasana Jogja

Di persimpangan langkahku terhenti
Ramai kaki lima
Menjajakan sajian khas berselera

Tahukah anda, apa yang membuat begitu banyak mahasiswa yang sudah lulus tetap betah di yogyakarta? Bagi anda yang pernah tinggal di Yogyakarta, terutama (mantan) Mahasiswa, tentu tahu alasannya. Informasi ini saya berikan kepada yang mau kuliah di yogyakarta atau yang ingin kembali ke yogyakarta untuk mengenang masa masa muda😛. Secara sekilas, nyamannya kota ini, terlukis di lagu yogyakarta karya katon bagaskara diatas.

Masyarakat yang ramah dan terbuka

Jogja adalah tempat dimana manusia manusianya begitu mudah tersenyum, berbahasa halus dan terbuka untuk menerima pendatang dari manapun asal kita. Tentunya dengan keramahan seperti ini membantu kita untuk  lebih kondufis dalam belajar atau bekerja. Coba di jakarta? loe loe….Gua gue dah…. Emang gue pikirin! siapa elo? dstnya…

Biaya hidup yang murah

Dibanding kota lain, biaya hidup di jogja bisa tergolong “sangat rendah”, mungkin hanya 30-50%  nya tinggal di jakarta. Apalagi kalau anda mau hemat, misal masak sendiri atau makan di warung makan biasa. Dari biaya kos/kontrak rumah dan kebutuhan lainnya, uang 500-750 Ribu perbulan sudah sangat sangat cukup. Dengan uang segitu, anda bisa tinggal di kos yang memadai, makan sehari 3x dengan menu  Ayam/Ikan+ esteh/es jeruk, nasi ambil sendiri😀.  Mu lebih hemat? Makan mie atau bakso lebih murah lagi, cuman 4000-5000, lebih murah lagi di burjo, makan nasi telor cuman 4000 perak, mau lebih murah lagi, nasi kucing, cuman 1000 per bungkus (2011).

Ketika pertama kali saya datang ke jogja untuk kuliah, sekitar tahun 2003, jauh lebih murah  , Nasi Ayam cuman 3500, nasi telor 2000 perak, nasi kucing cuman 500 perak perbungkus bro…, Dimana lagi selain di MeckDy Yogyakarta? dan biaya kos cuman 900rb pertahun😀. kalo sekarang keknya udah sekitar 1.5-2 jt pertahun😀. dibanding jakarta mah uang 1.5 juta mungkin cuman kos 3 bulan😀.

Aman, toleransi yang tinggi dan rendahnya konflik SARA

Di kota ini, hampir tidak pernah terdengar ada konfil SARA, padahal masyarakat jogja sangat heterogen, dari ujung aceh sampai papua ada disini. Dari agama hindu, budha, kristen, islam, kejawen sampai yang ga jelas agamanya saja ada disini. Namun, pernah anda dengar ada masjid dibakar? Gereja dibakar? sangat jarang. Saya sendiri belum menemukan Kota lain yang lebih heterogen dari Yogyakarta.

Jika anda masuk tempat wisata atau kampus UGM, wah ini mah bukan lagi Yogyakarta, tapi Indonesia + Dunia, antara turis, warga lokal, pendatang, mahasiswa asing dah jadi satu disini.

Banyaknya tempat menimba Ilmu (termasuk Yang gratis)

Jogja di kenal sebagai kota pelajar sejak dahulu, sejak jaman simbah keknya😀. Nah disini ada lebih dari 100 kampus, dari yang besar seperti UGM sampai yang kecil seperti …….( ah …. ga usah disebut). Termasuk juga disini gudangnya Bimbel(bimbingan belajar) , LPK, dan kursus kursus bahasa serta komputer menjamur di kota ini .

Itu belum ditambah event dan seminar Gratis yang hampir tiap hari ada, tinggal anda mau datang atau engga? termasuk bagi yang muslim, jangan lupa ikuti kajian islam Ahlusunnah yang bertaburan di kampus kampus😀, gratis, tanpa biaya dan Kajiannya dijamin (kalo yang Ahlusunnah) bebas dari kajian sesat apalagi sampai nyrempet2 teroris. Biasanya kajiannya teroris itu tersembunyi dan tertutup, ya mirip mirip maling yang takut ketahuan gitu, jadi kalo
diajakan kajian model ginian, SAY NO!.

Gudangnya Pariwisata dan Budaya

Denyut nadi kota ini tidak lepas dari Pariwisata dan budaya serta pendidikan, Hampir semua jenis pariwisata ada,
dari Kali urang di bawah merapi, Malioboro, keraton, taman budaya, candi prambanan dan pantai pantai indah
sepanjang pesisir akan makin menambah nyaman hidup di kota ini, Dari sisi budaya, ada aja pameran,
pertunjukan dan lain lain yang digelar hampir tiap minggunya ada. Kurang apa coba?

Fasilitas yang super duper Lengkap
Kok dari deskripsi kota budaya keknya jogja ga modern gitu? Masa? Walaupun disebut kota budaya, bukan berarti
fasilitas modern tidak ada disini, sebut saja? Mall, Bioskop, Event event besar seperti pameran komputer, sampai
hotel yang ga punya bintang  hingga Hotel yang berbintang besar ada disini, resto?  ah dari kafe n resto model
angkringan, Burjo sampai Kafe beneran ada juga, sampai kalo mau ajeb ajeb di tempat dugem,  ada juga disini (tapi
ga usah main kesitu ya, hati hati banyak om om…senang dan tante tante …girang :P).

Tempat mencari Jodoh

Wakakaka…saya yakin yang terakhir ini 99,9 % pasti setuju, kalo jogja emang kota yang tepat untuk mencari jodoh,Bayangkan saja, jika kita kuliah di kota gudeg ini, kita bisa berteman dari sabang sampai merauke. Dari yang  memakai Jilbab besar sampai yang ga memakai baju ada disini😛. Dan Honesty lah, sebagian temanku dapat jodoh di kota ini. Jika anda merantau ke kota lain, kemungkinan anda dapat orang asli kota itu, just example guys, tapi  jika di yogyakarta, bisa jadi anda dpt orang medan yang kalo ngomong kayak orang marah2 bagi orang jawa, justru malah
dapatnya orang solo yang super lembut dan lemah gemulay (lebay :P). atau anda orang Maluku bisa saja dapat orang
aceh yang terkenal caauntik..(Tapi mahaaaaalll).

Penutup

Jika Malingsya punya iklan wisata yang kurang lebih  berbunyi  “Malingsya, Truly Maling  Budaya …”, maka Jogja punya ” Yogyakarta, Truely INDONESIA”.

nah sekian dulu guys, sebelum ditutup, banyak orang bilang kalo jogja ga aman dari bencana? benarkah itu? jes pernyatan itu tidak benar guys, justru TV dan media itu yang benar benar lebay dalam mendramatisir kejadiandi yogyakarta, ketika gempa tahun 2006 dan merapi meletus 2010, saya sendiri ga pulang kandang kampung, karena memang kota jogja masih kondusif, gitu aja ya….bagi mahasiswa baru…Selamat datang di yogyakarta, bagi yang udah diwisuda …selamat meninggalkan kota yogyakarta, jangan lupa kapan kapan nengok kota tercinta ini ya guys!.


 

2 pemikiran pada “Indahnya Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s