Ciri ciri Aliran Sesat

Maraknya aliran sesat, Isu NII dan terorisme memang membuat resah umat islam dan masyarakat di indonesia. Agar terhindar dari kelompok sesat ini, berikut ini adalah ciri ciri kelompok sesat yang perlu anda ketahui.

1. Mengakui adanya Nabi baru atau pengkultusan individu

Ciri yang paling nampak  dari kelompok sesat salah satunya adalah mengakui adanya nabi/rosul baru, contohnya adalah ahmadiyah.  Kalaupun bukan nabi, kadang pemimpin atau imamnya “Katanya” mengetahui hal ghaib, misal tahu kapan terjadinya hari kiamat atau imamnya mempunyai “kesaktian” tertentu, misal bisa terbang, menghilang dan sebagainya.

kadang si imam mengatakan bahwa dirinya terbebas dari dosa,suci dan sebagainya.  Ini adalah tanda bahwa kelompok ini termasuk kelompok sesat.

2. Mengingkari sebagian Rukun Iman atau rukun Islam

Ciri lain dari  kelompok sesat adalah mengingkari sebagian dari rukun iman atau islam, misal meyakini  bahwa sholat 5 waktu itu tidak wajib, atau zakat hanya ada di jaman rosullullah, atau haji tidak berlaku lagi sekarang. Beberapa kelompok justru menyelewengkan salah satu rukun islam misalnya hajinya bukan ke Mekkah.

3. Mengkafirkan pemerintah atau menentang pemerintah

ciri lain dari kelompok sesat adalah mengkafirkan pemerintah, sehingga konsequensinya, mereka menjadi radikal sehingga muncullah terorisme dengan menyerah pemerintah atau kepolisian, atau dengan pengemboman yang mereka anggap jihad. Tujuan mereka biasanya mendirikan negara islam, sayangnya mereka lupa bahwa tujuan dakwah adalah menegakan kalimat tauhid (menyebarkan islam),bukan mencari kekuasaan. Kekuasan adalah alat.

4. menghalalkan darah orang non muslim tanpa pandang bulu

kelompok aliran sesat terutama para teroris meyakini kalaumembunuh orang kafir termasuk bagian dari jihad. padahal dalam islam dijelaskan bahwa jihad(perang) dilakukan untuk menyebarkan islam.  Islam membagi umat non muslim menjadi dua, yaitu kafir yang boleh diperangi dan yang tidak. Kafir yang tidak boleh diperangi adalah orang kafir yang tidak melawan atau memusuhi orang muslim secara terang terang . Orang kafir yang secara terang terangan memerangi umat islam  baru halal darahnya, misal  ORang orang yahudi yang menjajah palestina . untuk jelasnya lihat no 13.

5. Kajian dan pertemuan dilakukan secara sembunyi sembunyi /Rahasia

Kelompok ini biasanya melakukan kegiatan pengajiannya secara tertutup dan sembunyi sembunyi. Jika anda mendapati kajian atau pertemuan yang sifatnya tertutup dan sembunyi sembunyi segara saja laporkan dansus 88.

6. Menggunakan sistem baiat dan patuh pada imamnya

Salah satu cara mendapatkan anggota adalah dengan cara “mendokttrin” agar mereka patuh pada imam kelompok tersebut. mereka emnggunakan dalil bahwa bahwa jika seseorang mati tanpa berbait kepada imam, maka matinya mati jahiliah. dalil ini memang ada, namun mereka selewengkan untuk kepentingan kelompoknya sendiri. padahal yang dimaksud bait kepada imam adalah imam kaum muslimin(Khilafah islamiyah)

7. Mengkafirkan umat islam selain kelompoknya

Ciri yang lain,mereka mengkafirkan umat islam selain kelompoknya.  Mereka menganggap selain kelompoknya najis maka jangan heran kalau ada masjid kalau kita habis sholat disitu masjidnya di pel.

8. Menghalalkan segala cara untuk Mendapatkan dana

Ini sangat dekat dengan terorisme. mereka berkeyakinan demi tujuan “dakwah” mereka menghalalkan segala cara. salah satunye merampok atau mencuri. Sekedar catatan penting “dalam islam tidak mengenal Robin hood” .

9. Mewajibkan anggotanya untuk iuran sejumlah uang demi “kepentingan Dakwah”

Ini dilakukan dengan alasan dakwah, padahal yang banyak terjadi adalah untuk memperkaya imamnya dengan cara menipu para pengikutnya. biasanya si imam ini menjanjikan surga atau mereka menggaransi pengikutnya masuk surga walaupun pengikutnya ga pernah sholat.

10. berpegah hanya pada alquran saja tanpa hadist

Ada kelompok yang dengan bangganya hanya meyakini pada alquran saja, tidak berdasarkan hadist.  mereka beranggapan bahwa hadist tidak bisa dijadikan dalil. Namun anehnya ketika mereka ditanya:” sebutkan di ayat /surat mana yang menjelaskan tata cara sholat secara rinci?” mereka tidak bisa menjawab dan perkara perkara lain masih banyak contohnya.

11. Menjanjikan masuk surga bagi para pengikutnya

ini sudah dibahas diatas.

12. Pemimpin/Imamnya “katanya” mengetahui hal hal ghaib.

Ini banyak terjadi dan mengecoh kaum muslimin,terutama yang aqidahnya lemah. Padahal seandainay si  “imam” mempunyai kemampuan seperti ini, mereka memakai jin.

13. Menyelewengkan makna jihad

Sekedar membaca sejarah, setiap kali mau berangkat jihad di jaman rosulullah, mereka datang ke orang kafir dengan  cara mengajak mereka secara halus untuk masuk islam, jika tidak mau,maka mereka disuruh membayar “pajak” ke pemerintah kaum muslimin dan membiarkan dengan keyakinnnya.  Perang (jihad) dengan pedang baru dilakukan  jika mereka melakukan perlawan kepada pemerintah kaum muslimin.

Catatan penting:

Banyak orang menuduh suatu kelompok dianggap sesat hanya dari penamilannya, misalkan lagi laginya berjenggot atau perempuannay bercadar. Saya ingatkan bahwa jenggot atau cadar /Jilbab adalah bagian dari syariat islam, kebetulan teroris mengamalkan dua amalan ini di satu sisi, namun di satu sisi yang lain mempunyai keyakinan menyimpang.

Tidak boleh sesorang muslim mengkafirkan kelompok lain apalagi orang perorang. Kafir mengkafirkan adalah berpakara besar sehingga patut kita perhatikan. jika anda melihat teman anda atau keluarga anda yang cenderung menyimpang , misal meninggalkan sholat 5 waktu atau meyakini kalau sholat 5 waktu tidak wajib. maka berilah peringatan bahwa keyakinan tersebut bisa memnyebabkan sesorang kafir, bukan langsung mengkafirkan orang tersebut.

Ciri dari orang yang mempunyai aliran menyimpang akan terlihat dari cara dia berdiskusi, misal mengkafirkan pemerintah, menghalalkan perkara yang haram dsb.

Sedikit artikel ini semoga bermanfaat, kritik saran masukan silahkan di komentar. ingin rasanya saya menambahkan dalil dari alquran atau hadist, namun insyaallah akan saya tambah dilain waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s